Pengalaman Lolos Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi Kemdikbud

Tahun 2017 ini rasanya saya banyak mendapat keberuntungan. Alhamdullilah segala urusan lancar, termasuk mendaftar Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jadi awalnya, saya memang sudah berencana mendaftar Beasiswa untuk mengurangi beban ortu dan waktu itu Beasiswa yang saya incar adalah dari Tanoto Foundation. Tapi, saya mendapat rekomendasi dari kakak saya untuk Mendaftar BU dari Kemdikbud.

Saat itu sempat bimbang sih, tapi akhirnya setelah dibandingkan persyaratan dan sistem seleksinya, saya memutuskan untuk mendaftar BU saja (Tanoto Foundation lebih mengutamakan mereka yang sangat butuh bantuan beasiswa).

Akhirnya saya membuka website resmi Beasiswa Unggulan dan membuat akun pendaftaran (bahkan sebelum pendaftaran Batch 1 dibuka). Setelah akhirnya seleksi Batch 1 dibuka, sayapun melengkapi seluruh persayaratan administrasi yang diminta.

Persyaratan Administrasi yang paling sulit adalah membuat Proposal Rencana Studi. Saya yang notabene masih Mahasiswa S1 semester 2, bingung bagaimana caranya membuat Proposal Rencana Studi yang bagus itu seperti apa? Akhirnya searching Google.

Beruntung Saya menemukan blog seorang Mahasiswa S2 yang proposalnya lulus seleksi BU, dan dengan baik hati mau membagikan proposalnya untuk umum. Dari proposal itulah saya membuat proposal milik saya sendiri. Saya meniru format urutan tapi isinya asli buatan saya.

Selesai mengupload semua berkas Administrasi saya baru sadar kalau ternyata ada Essay yang harus dibuat. Saat itu deadline administrasi tanggal 15 April 2017, dan seminggu lagi deadline.

Jujur saja saya bingung harus membuat essay tentang apa! Secara, otak sedang buntu dan waktu itu juga hectic tugas. Akhirnya, H-3 deadline saya mendapat ide mengenai essay dan langsung saat itu juga saya membuatnya.

Akhirnya setelah selesai membuat essay, saya segera upload dokumen itu dan selesailah semua dokumen yang dibutuhkan. Dari sini tinggal menunggu saja pengumuman seleksi Administrasi.

Oh iya, saya sempat ada kendala saat mengurus Surat Rekomendasi. Awalnya saya sudah minta ke pihak Fakultas, tapi surat pengantar jurusan malah dihilangkan jadi Surat Rekomendasi dari Dekan belum jadi! Sedihnya waktu itu sudah mepet banget dan akhirnya terpaksa hanya minta Rekomendasi dari jurusan.

Akhirnya Tanggal 25 April 2017 yang ditunggu datang juga. Saat itu saya kebetulan sedang ikut Briefing LO IPhO 2017 di University Hotel Yogyakarta. Malam tanggal 25 April saya segera mengecek email karena tidak sabar untuk melihat pengumuman.

Sayang, tidak ada email pemberitahuan sama sekali. Coba buka website ternyata juga nggak ada apa – apanya. Dan malam itu dengan perasaan kecewa saya beranjak untuk tidur.

Entah kenapa saya sekali lagi ingin memastikan hasil, akhirnya pagi keesokan hari, saya mengecek email sekali lagi.

Dan Alhamdullilah. SAYA LOLOS SELEKSI ADMINISTRASI dan diharuskan datang ke Hotel Tjokro Style pada hari Sabtu tanggal 29 April untuk Wawancara. Senang sekali rasanya sampai saya menelpon kakak untuk memberitahu berita tersebut.

***

Hari sabtu, tanggal 29 April saya berangkat ke Hotel Tjokro Style jam setengah 9 pagi untuk Wawancara Beasiswa sambil membawa dokumen asli yang diupload di website.

Sampai di hotel saya kaget karena banyak sekali yang datang untuk wawancara. Situasi antrian saat itu sampai lantai 1 (wawancara dan pengecekan berkas di lantai 2). Saat saya bertanya ternyata yang antrian panjang adalah mereka yang mendaftar Beasiswa S2. Akhirnya saya diarahkan untuk langsung naik ke lantai 2 untuk mengisi daftar hadir.

Sialnya, saya dapat nomor urut wawancara nomor 55! Padahal saat itu Mahasiswa S1 yang sedang wawancara baru mencapai nomor 4. Saya sudah menduga kalau giliran saya bakal datang saat sore hari. Dan benar saja, saya baru wawancara jam 3 sorean.

Beberapa pertanyaan yang ditanyakan diluar dugaan saya. Sebelum wawancara, saya sempat search internet mengenai pertanyaan yang paling umum saat wawancara Beasiswa, tapi kenyataanya jauh dari internet.

Beberapa pertanyaan yang dilontarkan adalah :

  • Mengenai Essay yang kalian buat (Pertanyaan menyesuaikan essay)
  • Mengapa kalian memilih jurusan kalian saat ini?
  • Kalian ingin menjadi apa setelah lulus kuliah?
  • Adakah rencana untuk melanjutkan S2?

Dan jujur saja saya tidak menyiapkan jawaban apapun sebelum wawancara jadi sedikit keteteran untuk menjawab. Tapi, saat saya menjawab saya mencoba menggunakan nada tegas dan percaya diri. Akhirnya setelah selesai, saya melangkah keluar ruangan dengan hati lega dan sedikit takut.

Akankah saya lolos seleksi Beasiswa Unggulan ini?

Jawabannya ada Iya saya lolos. Lagi – lagi pengumumannya telat. Tanggal 12 Mei harusnya sudah diumumkan tapi saya baru dapat kiriman email tanggal 13 Mei pagi.

DAN KALI INI RASANYA SEMAKIN BAHAGIA.

Segera saja saya mengabari Ayah dan Ibu juga kakak dirumah kalau saya lolos seleksi Beasiswa. Mereka semua senang dan tinggal menunggu kepastian penandatanganan kontrak saja yang akan dilaksanakan Jumat tanggal 19 Mei 2017 di Hotel Tjokro Style.

Jadi tunggu apa lagi?! Buat kalian Mahasiswa S1 segera daftarkan diri di Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi karena Beasiswa ini hanya untuk Mereka yang maksimal menempuh semester tiga kuliah.

Terima Kasih sudah mau menyempatkan diri membaca blog saya, semoga bermanfaat.

Note :

Karena ada beberapa orang yang menghubungi saya untuk meminta contoh proposal dan essay, dibawah ini saya akan melampirkan Proposal dan Essay saya. Silahkan digunakan untuk referensi.

https://drive.google.com/drive/folders/0B5TbwHWKrOHTVE5qdnJpd1drSTg?usp=sharing

2 thoughts on “Pengalaman Lolos Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi Kemdikbud

Tinggalkan Balasan

