Pengalaman Liaison Officer of International Physics Olympiad 2017 at Yogyakarta (Selection Process) Part 1

Jadi sebelum saya mulai bercerita, saya akan memperkenalkan secara singkat event IPhO.

IPhO (International Physics Olympiad) adalah ajang olimpiade fisika internasional yang diselenggarakan tiap tahun dengan Host Country yang berbeda – beda. Indonesia pernah menjadi Host Country dari IPhO pada tahun 2002. Dan tahun 2017, Indonesia sekali lagi terpilih menjadi penyelenggara dari event bergengsi ini.

Awalnya IPhO 2017 akan dilaksanakan di Bali, sayangnya Bali juga menjadi tempat kompetisi WSDC (World School Debating Championships) 2017 yang dilaksanakan seminggu setelah IPhO. Akhirnya, karena pemerintah merasa keberatan jika event besar ini dilaksanakan di Bali, IPhO berpindah ke Yogyakarta.

Karena kepindahan tempat pelaksanaan IPhO, saya berkesempatan mendaftar sebagai LO (Liaison Officer) untuk event Internasional ini. Sekitar bulan Februari akhir, ada banyak Broadcast di grup LINE mengenai event ini. Saya yang sedang kuliah di Jogja dan masih semester awal juga merasa ini kesempatan bagus untuk menambah pengalaman dan teman.

-Berikut adalah Broadcast yang saya terima-

*OPEN RECRUITMENT LO*

Indonesia will be hosting the 48th International Physics Olympiad (IPhO) 2017, of which 85 countries (409 high school students) will be participating. The event will be held on July 16-24, 2017 in Yogyakarta. For the success of this event, we invite you, professional youth who currently stays in Yogyakarta and its vicinity, to join us as the Liaison Officers (LO).

Apply if your profiles meet these qualifications:
1. Youth with the age of 18-30 years old
2. Have an excellent communication skill in English
3. Able to work full time from 15 to 24 of July 2017
4. Have the ability to communicate in other foreign languages such as Russian/German/French/Spanish/Mandarin etc. (plus point)
5. Able to follow all the selection processes in Yogyakarta
6. Passionate in voluntary works and multicultural environment

Benefits:
1. Certificate from the Ministry of Education and Culture, Republic of Indonesia
2. Accommodation (hotel, meal, etc.) for 9 days
3. IPhO kit
4. Shirts
5. International network
6. Experience

Fill in the form below:
https://form.jotform.me/loipho2017/loaf1

We will wait for your application no later than March 15, 2017. Please prepare the scan of your ID card, recent photo, academic certificate, health certificate and language certificate. Selected applicants will be informed on March 20, 2017, via email.

*the 48th International Physics Olympiad*
Organized by the Ministry of Education and Culture, Republic of Indonesia

For more information: 0821343****** (WA only)

Akhirnya saya mendaftar, dengan persyaratan administrasi yang ribet. Dari form tersebut, pendaftar diharuskan mengupload beberapa dokumen yaitu : Foto resmi 4×6, Foto Full Body, Scan KTP, Scan Ijazah terakhir (Karena saya masih S1 jadi pakai Ijazah SMA), Sertifikat TOEFL (atau IELTS) dan Surat Kesehatan Sehat Jasmani dan Rohani.

Singkat cerita, setelah saya memenuhi semua dokumen dan selesai mendaftar, saya mendapat konfirmasi melalui e-mail. Akhirnya tinggal menunggu pengumuman seleksi berkas.

Pada hari senin tanggal 20 Maret 2017, setelah selesai kelas jam setengah 12, dengan perasaan ragu saya pergi ke perpustakaan untuk mengecek email. Jujur saja, dengan umur saya yang masih relatif muda dan tidak terlalu punya pengalaman saya sedikit merasa pesimis tapi juga berharap bisa lolos seleksi. Saat itu motivasi saya mendaftar, hanya karena Sertifikat dan ingin menginap di hotel mewah tanpa keluar uang sedikitpun (Maklum anak kos) 😀

Akhirnya, setelah membuka email saya berteriak dalam hati (Karena lokasinya di perpustakaan) setelah membaca tulisan Congratulations! di badan email.

Rasanya senang sekali, karena beberapa hari terakhir saya juga mendaftar panitia PPSMB PALAPA 2017 tapi tidak lolos. Dengan adanya kabar ini, setidaknya saya merasa sedikit terhibur setelah banyak hal yang tidak berjalan sesuai harapan.

Setelah lolos tes Administrasi, kami disuruh untuk mengisi form konfirmasi kedatangan untuk tes psikologi yang akan dilaksanakan hari rabu tanggal 22 maret 2017. Karena dari awal saya memang sudah komitmen untuk jadi LO IPhO 2017, saya memutuskan untuk bolos kuliah demi mengikuti tes psikologi yang dilaksanakan di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) APMD Yogyakarta.

Kebetulan saya dapat shift pagi dan terpaksa bolos kelas Menyimak I, tapi dalam hati biasa saja sih soalnya waktu itu saya memanfaatkan jatah bolos (Jangan ditiru ya) yang masih banyak. Tes mulainya agak molor sekitar jam setengah 10 padahal di jadwal harusnya jam 9 tepat.

Tes Psikologinya benar – benar membuat mental semakin gila. Untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan, saya pusing melihat soal tes. apalagi, dalam rangkaian tes psikologi itu hanya diberi jeda 5 menit untuk setiap jenis tes. Lalu, jika ada yang ingin ke toilet teman sekelas diharuskan menunggu sampai orang tersebut kembali ke kelas.

Akhirnya setelah tes selesai sekitar jam 12.40 siang, saya segera meluncur ke Kampus karena ada UTS. beruntung sekali, dosennya tidak datang tapi UTS tetap jalan sedikit terlambat. Dan hari itupun saya akhiri dengan UTS Pengantar Budaya Korea yang sangat ……

To Be Continue

2 thoughts on “Pengalaman Liaison Officer of International Physics Olympiad 2017 at Yogyakarta (Selection Process) Part 1

Tinggalkan Balasan

