Sistem Pembayaran UKT UGM

Beberapa orang mungkin sekarang masih memikirkan bagaimana sih biaya kuliah di kampus seperti UGM? Apakah Mahal? Pasti Mahal deh …

eits! jangan keburu mengambil kesimpulan dulu … uang kuliah di UGM itu udah tergolong murah lo … nggak percaya? Simak Ulasan berikut.

Sistem pembayarak UKT itu Mahasiswa diwajibkan membayar uang kuliah selama 1 semester tiap awal semester. UKT ini adalah sistemnya kamu sekali bayar dan tidak akan ada biaya tambahan lagi seperti uang gedung, sumbangan wajib atau sumbagan sukarela dari orangtua.

Yang paling enak adalah, di UGM apapun jalur yang kamu ikuti untuk masuk UGM, kamu cuma sekali bayar UKT itu aja! nggak ada biaya tambahan. Pengalaman ini aku alami sendiri loh. aku lolos jalur seleksi UTUL UGM dan ternyata sebelum kuliah aku cuma wajib bayar UKT tok! gak ada tambahan biaya lainnya.

Tapi, sebelum kalian membayar UKT ini, sudah ada penggolongan UKT berdasarkan kelompok pendapatan orangtua. di UGM, golongan UKT ada sampai 6 golongan. Golongan 6 inilah yang paling tinggi.

Setiap jurusan kuliah mempunyai biaya operasional yang beda beda. Biaya UKT jurusan Pendidikan Dokter pasti jauh beda dengan jurusan Bahasa Korea kan? Jadi nggak mungkin biayanya disamakan.

Untuk golongan pertama dan kedua, semua jurusan di UGM masih dipukul dengan harga yang sama yaitu, Rp. 500.000 untuk golongan 1 dan Rp. 1.000.000 untuk golongan 2 (Per semester)

Nah baru mulai golongan ketiga keatas, biaya Uang Kuliah Tunggal itu dibedakan berdasarkan kebutuhan jurusan itu sendiri. Jangan khawatir, penentuan golongan ini berdasarkan kemampuan orangtua kok.

pengalaman saya kemarin, sebelum penentuan UKT, kita disuruh untuk mengupload dokumen seperti, Surat Keterangan Pendapatan Orangtua (bagi PNS atau pengawai swasta) kalau orangtua bukan PNS atau pegawai swasta, biasanya kalian diminta untuk mencari surat keterangan dari kelurahan mengenai pendapatan orangtua kalian.

lalu ada pembayaran rekening listrik, air dan telepon. tak lupa juga pembayaran PBB. biasanya untuk bukti pembayaran diminta 3 bulan terakhir lah. setelah itu kita tinggal menunggu pengumuman UKT kita sekitar 2 mingguan.

dibawah ini adalah lampiran surat keputusan rektor mengenai UKT di UGM.

2016_SK_UKT_S1_003 2016_SK_UKT_S1_004

2016_SK_UKT_S1_005

Sumber : um.ugm.ac.id

Jadi, sudah siapkah kalian mengikuti seleksi untuk bisa kuliah di UGM? Ayo semangat masuk UGM-nya. jangan khawatir masalah biaya karena jujur saja biaya kuliah di UGM menurut saya sudah tergolong sangat murah dibandingkan universitas lain. selain itu, biaya hidup di Jogja juga murah dan banyak hal hebat bisa kalian dapatkan disini.

Salam dari penulis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s