Pertanyaan Seputar Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM

[Edit 2019]

Hai untuk kalian semua yang sekarang lagi galau milih jurusan kuliah. Saya disini hadir sebagai pemberi informasi sederhana pada kalian semua. Yups benar, Saya akan memperkenalkan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM khusus untuk kalian semua yang tertarik masuk jurusan ini. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan anak SMA tentang Jurusan ini.

  • Kak Kalau mau masuk Jurusan dan Kebudayaan Bahasa Korea jurusan pas di SMA-nya apa ya?

Semua jurusan bisa masuk Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM, bahkan sekalipun kalian lulusan SMK. Akan tetapi, perlu kalian ketahui kalau Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM masuk kluster sosial, jadi tes yang akan kalian hadapi di SBMPTN ataupun UTUL UGM adalah soal soshum. Semua orang bisa masuk jurusan ini asal lolos tes.

Mata Pelajaran di Soshum adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Ekonomi, Sejarah, Sosiologi. (Kalau kebijakannya berubah saya tidak tahu ya …)

  • Kak dulu masuk di Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM Lewat Jalur apa ya? Seleksi apa saja?

Aku lolos Jalur UTUL UGM alias ujian mandiri UGM. Untuk cerita lengkapnya bisa di cek di LOLOS BAKOR UGM

Namanya juga mau daftar kuliah jelas harus ikut seleksi masuk kan? Nah, kalian pasti sudah tahu, jalur masuk PTN itu ada SNMPTN dan SBMPTN. Dari 2 proses seleksi itu kalian bisa memilih Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM. (Karena di tahun 2019 aturannya sudah berubah, silahkan banyak membaca website resmi Ristekdikti)

Nanti UGM sendiri akan menyelenggarakan Ujian Masuk Mandiri (biasa disebut UTUL UGM). Di UTUL UGM ada 2 gelombang, Gelombang 1 biasanya berdekatan dengan SBMPTN.

Di UTUL ini sistemnya hampir sama seperti SBMPTN, kalian diperbolehkan memilih 3 jurusan yang diminati dari UGM lalu ikut seleksi sesuai kluster yang diminati.

untuk informasi lebih lanjut bisa cek http://um.ugm.ac.id

NB : JANGAN MENGHARAPKAN SNMPTN!

  • Kak kalau pengen lolos Bahasa dan Kebudayaan Korea nilai rapotnya harus berapa?

Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini karena saya sendiri tidak tahu. Seleksi SNMPTN itu sesungguhnya rahasia setiap Universitas dan tidak terduga siapa yang bisa lolos. Jadi berhenti menanyakan nilai rapot. Hal ini sebenarnya juga berlaku untuk Prodi lain. Nilai mana yang paling mendukung, berapa rata-ratanya? saya juga tidak tahu.

  • Kak yang harus dipersiapkan untuk masuk Jurusan dan Kebudayaan Bahasa Korea apa ya?

Tidak ada hal khusus yang dipersiapkan sih, kalau kalian sudah niat dan berusaha pasti akan ada jalan. Jangan lupa juga minta restu orangtua serta doa pada Tuhan YME karena usaha kalian akan sia-sia tanpa kedua hal itu.

Kalaupun kalian bisa baca tulis hangul, itu juga nilai plus tapi untuk kalian yang belum bisa, nanti akan ada pelatihan/workshop Hangul yang akan mengajari kalian baca tulis hangul sebelum memulai kuliah resmi. Kemampuan baca tulis itu masih dasar banget ya … Jadi jangan merasa Bahasa Korea akan mudah setelah kalian bisa baca tulis Hangul :/

  • Kak tiap tahun jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM menerima berapa mahasiswa?

Kapasitas Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea di UGM cuma 40 (Empat Puluh) Orang. Bagi yang penasaran kok cuma sedikit, karena kami masih kekurangan tenaga pengajar. Dosenku sekarang saja yang benar-benar sering mengajar cuma 3 orang. Sedangkan ada beberapa mata kuliah yang mendatangkan dosen tamu untuk kuliah blok.

  • Kak Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea nanti lulusnya jadi apa ya?!

Jujur saja, setiap kali kami mendengar pertanyaan seperti ini itu bikin risih tahu nggak?!

Namanya juga orang masih kuliah terus ditanya masalah kerja itu rasanya (hmmm) secara, kita ini juga masih berproses untuk menjadi lebih berkualitas gitu.

Sekedar info, jurusan di kuliahmu itu kadang tidak akan sesuai dengan jalan karirmu nanti! lulusan hukum belum tentu jadi jaksa atau pengacara, mereka bisa saja jadi wartawan atau Public Relations di perusahaan tertentu.

Yang perlu kalian ketahui, menurut Dosen saya, Lulusan Bahasa dan Kebudayaan Korea akan banyak dibutuhkan di masa depan. Kok bisa begitu? Sekarang kita lihat saja, perkembangan Kerjasama antar Korea-Indonesia sudah semakin berkembang dalam berbagai bidang. Selain itu Tahun 2020 kita akan menghadapi Perdagangan bebas se Asia-Pacific. Hal ini termasuk perdagangan dengan Korea. Dari sini akan dibutuhkan SDA yang memahami betul Bahasa Korea dan Budayanya.

Dosen kami juga sering mengatakan kalau lulusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM itu tidak perlu pusing masalah masa depan karena banyak perusahaan Korea yang berada di Indonesia yang inden alias booking lulusan BAKOR UGM (bahkan sebelum kami lulus).

Beberapa kasus malah lebih ekstrim, ada anak Bahasa Korea yang sudah terlena dengan dunia kerja sampai melupakan skripsinya. Untungnya mahasiswa tersebut ditarik oleh dosen untuk segera menyelesaikan studinya. Menghindari hal serupa, UGM menerapkan jangka waktu kuliah selama maksimal 5 tahun (untuk kluster soshum). Jika melebihi waktu itu, maka mahasiswa akan di Drop Out!

  • Mata Kuliah Bahasa dan Kebudayaan Korea apa aja ya? 

Namanya juga belajar Bahasa, kalian bakal diajari dengan mata kuliah yang terkesan seperti anak SD. Untuk semester 1 kalian akan mendapat mata kuliah, Tata Bahasa yaitu Grammarnya Bahasa Korea. Terus ada juga Membaca dan Berbicara dan terakhir ada Kapita Selekta Korea. Matkul ini membahas tentang kebudayaan Korea. kalian akan dikenalkan mengenai sejarah Korea singkat dan bagaimana orang korea itu sendiri.

Tentu saja semakin bertambahnya semester, kalian akan merasakan stresnya masuk Bahasa Korea. Jangan Berasumsi kalau kuliah Bahasa Korea itu kerjanya cuma nonton drama dan fangirlingan oppa oppa ya! memang ada momen saat kita melakukan itu, tapi kuliah itu tetap menuntut ilmu jadi ya ada yang berat juga. Intinya jangan berekspektasi kuliah Bahasa Korea itu ENAK! tidak semudah yang kalian bayangkan teman.

  • Keuntungan Kuliah Bahasa dan Kebudayaan Korea

Well, Pastinya kesempatan untuk bisa ke Korea bisa lebih mudah jika kalian kuliah di jurusan ini. Selain itu, kalian bakal punya teman yang SE-HOBI alias sama-sama pecinta Korea. Wuihh, Hebohnya anak Bakor (Bahasa Korea) itu nggak tertandingi lah, apalagi kalau lagi nonton MV KPOP atau Drama.

Mau tahu keuntungan lainnya? MASUK BAHASA KOREA UGM dulu dah!

  • Kekurangan Kuliah di Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea

Tidak ada yang sempurna di Dunia ini, termasuk Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM. Kekurangan yang paling signifikan dan saya rasakan saat masuk jurusan ini adalah …..

JENG JENG JENG!

MAHASISWA COWOK ITU LANGKA! Karena kebanyakan penyuka korea adalah para wanita, kaum lelaki menganggap remeh jurusan ini dan gengsi kalau mau masuk disini. Di angkatan saya (2016) Jumlah lelaki Bakor hanyalah 3 orang saja … (Miris kan -_-) Nah, jadi persiapkan mental kalian para cewek jika ingin masuk Bahasa dan Kebudayaan Korea! Disini kalian akan dituntut untuk jadi wanita Strong, Mandiri dan juga bisa menjaga diri sendiri.

Itulah beberapa FAQ yang sering ditanyakan para calon MABA pada kami penghuni Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM! Jika ada hal yang kurang berkenan mengenai tulisan saya, mohon dimaklumi. Saya masih Baru di dunia blogger. untuk informasi lebih jauh bisa ditanyakan lewat e-mail

Thank You!

Salam Sayang dari BAKOR16 UGM :*


103 respons untuk ‘Pertanyaan Seputar Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM

Tinggalkan komentar