Pertanyaan Seputar Jurusan Bahasa Korea UGM

Hai untuk kalian semua yang sekarang lagi galau milih jurusan kuliah. Saya disini hadir sebagai pemberi informasi sederhana pada kalian semua. Yups benar, Saya akan memperkenalkan jurusan Bahasa Korea UGM bagi kalian semua yang tertarik masuk jurusan ini. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan anak SMA tentang Jurusan ini.

  • Kak Kalau mau masuk Jurusan Bahasa Korea jurusan pas di SMA-nya apa ya?

Semua jurusan bisa masuk Bahasa Korea UGM. Tapi, perlu kalian ketahui kalau Bahasa Korea UGM masuk kluster sosial, jadi tes yang akan kalian hadapi di SBMPTN ataupun UTUL UGM adalah soal soshum. Semua orang bisa masuk jurusan ini asal lolos tes.

Mata Pelajaran di Soshum adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Ekonomi, Sejarah, Sosiologi. (Kalau kebijakannya berubah saya tidak tahu ya …)

  • Kak dulu masuk di Bahasa Korea UGM Lewat Jalur apa ya? Seleksi apa saja?

Aku lolos Jalur UTUL UGM alias ujian mandiri UGM. Untuk cerita lengkapnya bisa di cek di LOLOS BAKOR UGM

Namanya juga mau daftar kuliah jelas harus ikut seleksi masuk kan? Nah, kalian pasti sudah tahu, jalur masuk PTN itu ada SNMPTN dan SBMPTN. Dari 2 proses seleksi itu kalian bisa memilih Jurusan Bahasa Korea UGM.

Nanti UGM sendiri akan menyelenggarakan Ujian Masuk Mandiri (biasa disebut UTUL UGM). Di UTUL UGM ada 2 gelombang, Gelombang 1 biasanya berdekatan dengan SBMPTN. Untuk gelombang 2 sayangnya hanya bisa masuk Sekolah Vokasi UGM (Diploma).

Di UTUL ini sistemnya hampir sama seperti SBMPTN, kalian diperbolehkan memilih 3 jurusan yang diminati dari UGM lalu ikut seleksi sesuai kluster yang diminati.

untuk informasi lebih lanjut bisa cek http://um.ugm.ac.id

NB : JANGAN MENGHARAPKAN SNMPTN!

  • Kak kalau pengen lolos Bahasa Korea nilai rapotnya harus berapa?

Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini karena saya sendiri tidak tahu. Seleksi SNMPTN itu sesungguhnya rahasia setiap Universitas dan tidak terduga siapa yang bisa lolos. Jadi berhenti menanyakan nilai rapot. Hal ini sebenarnya juga berlaku untuk Prodi lain. Nilai mana yang paling mendukung, berapa rata-ratanya? saya juga tidak tahu.

  • Kak yang harus dipersiapkan untuk masuk Jurusan Bahasa Korea apa ya?

Tidak ada hal khusus yang dipersiapkan sih, kalau kalian sudah niat dan berusaha pasti akan ada jalan. Jangan lupa juga minta restu orangtua serta doa pada Tuhan YME karena usaha kalian akan sia-sia tanpa kedua hal itu.

Kalaupun kalian bisa baca tulis hangul, itu juga nilai plus tapi untuk kalian yang belum bisa, nanti akan ada pelatihan/workshop Hangul yang akan mengajari kalian baca tulis hangul sebelum memulai kuliah resmi. Kemampuan baca tulis itu masih dasar banget ya … Jadi jangan merasa Bahasa Korea akan mudah setelah kalian bisa baca tulis Hangul :/

  • Kak tiap tahun jurusan Bahasa Korea UGM menerima berapa mahasiswa?

Kapasitas Mahasiswa Jurusan Bahasa Korea di UGM cuma 40 (Empat Puluh) Orang. Bagi yang penasaran kok cuma sedikit, karena kami masih kekurangan tenaga pengajar. Dosenku sekarang saja yang benar-benar sering mengajar cuma 3 orang. Sedangkan ada beberapa mata kuliah yang mendatangkan dosen tamu untuk kuliah blok.

  • Kak Jurusan Bahasa Korea nanti lulusnya jadi apa ya?!

Jujur saja, setiap kali kami mendengar pertanyaan seperti ini itu bikin risih tahu nggak?!

Namanya juga orang masih kuliah terus ditanya masalah kerja itu rasanya (hmmm) secara, kita ini juga masih berproses untuk menjadi lebih berkualitas gitu.

Sekedar info, jurusan di kuliahmu itu kadang tidak akan sesuai dengan jalan karirmu nanti! lulusan hukum belum tentu jadi jaksa atau pengacara, mereka bisa saja jadi wartawan atau Public Relations di perusahaan tertentu.

Yang perlu kalian ketahui, menurut Dosen saya, Lulusan Bahasa Korea akan banyak dibutuhkan di masa depan. Kok bisa begitu? Sekarang kita lihat saja, perkembangan Kerjasama antar Korea-Indonesia sudah semakin berkembang dalam berbagai bidang. Selain itu Tahun 2020 kita akan menghadapi Perdagangan bebas se Asia-Pacific. Hal ini termasuk perdagangan dengan Korea. Dari sini akan dibutuhkan SDA yang memahami betul Bahasa Korea dan Budayanya.

Dosen kami juga sering mengatakan kalau lulusan Bahasa Korea UGM itu tidak perlu pusing masalah masa depan karena banyak perusahaan Korea yang berada di Indonesia yang inden alias booking lulusan BAKOR UGM (bahkan sebelum kami lulus).

Beberapa kasus malah lebih ekstrim, ada anak Bahasa Korea yang sudah terlena dengan dunia kerja sampai melupakan skripsinya. Untungnya mahasiswa tersebut ditarik oleh dosen untuk segera menyelesaikan studinya. Menghindari hal serupa, UGM menerapkan jangka waktu kuliah selama maksimal 5 tahun (untuk kluster soshum). Jika melebihi waktu itu, maka mahasiswa akan di Drop Out!

  • Mata Kuliah Bahasa Korea apa aja ya? 

Namanya juga belajar Bahasa, kalian bakal diajari dengan mata kuliah yang terkesan seperti anak SD. Untuk semester 1 kalian akan mendapat mata kuliah, Tata Bahasa yaitu Grammarnya Bahasa Korea. Terus ada juga Membaca dan Berbicara dan terakhir ada Kapita Selekta Korea. Matkul ini membahas tentang kebudayaan Korea. kalian akan dikenalkan mengenai sejarah Korea singkat dan bagaimana orang korea itu sendiri.

Tentu saja semakin bertambahnya semester, kalian akan merasakan stresnya masuk Bahasa Korea. Jangan Berasumsi kalau kuliah Bahasa Korea itu kerjanya cuma nonton drama dan fangirlingan oppa oppa ya! memang ada momen saat kita melakukan itu, tapi kuliah itu tetap menuntut ilmu jadi ya ada yang berat juga. Intinya jangan berekspektasi kuliah Bahasa Korea itu ENAK! tidak semudah yang kalian bayangkan teman.

  • Keuntungan Kuliah Bahasa Korea

Well, Pastinya kesempatan untuk bisa ke Korea bisa lebih mudah jika kalian kuliah di jurusan ini. Selain itu, kalian bakal punya teman yang SE-HOBI alias sama-sama pecinta Korea. Wuihh, Hebohnya anak Bakor (Bahasa Korea) itu nggak tertandingi lah, apalagi kalau lagi nonton MV KPOP atau Drama.

Mau tahu keuntungan lainnya? MASUK BAHASA KOREA UGM dulu dah!

  • Kekurangan Kuliah di Jurusan Bahasa Korea

Tidak ada yang sempurna di Dunia ini, termasuk Bahasa Korea UGM. Kekurangan yang paling signifikan dan saya rasakan saat masuk jurusan ini adalah …..

JENG JENG JENG!

MAHASISWA COWOK ITU LANGKA! Karena kebanyakan penyuka korea adalah para wanita, kaum lelaki menganggap remeh jurusan ini dan gengsi kalau mau masuk disini. Di angkatan saya (2016) Jumlah lelaki Bakor hanyalah 3 orang saja … (Miris kan -_-) Nah, jadi persiapkan mental kalian para cewek jika ingin masuk Bahasa Korea! Disini kalian akan dituntut untuk jadi wanita Strong, Mandiri dan juga bisa menjaga diri sendiri.

Itulah beberapa FAQ yang sering ditanyakan para calon MABA pada kami penghuni Bahasa Korea UGM! Jika ada hal yang kurang berkenan mengenai tulisan saya, mohon dimaklumi. Saya masih Baru di dunia blogger. untuk informasi lebih jauh bisa ditanyakan lewat e-mail

isnafaroh@gmail.com

Thank You!

Salam Sayang dari BAKOR16 UGM :*

Iklan

55 respons untuk ‘Pertanyaan Seputar Jurusan Bahasa Korea UGM

  1. Kak aku kan di SMA jurusannya IPA, katanya kalo ikut SNMPTN ke UGM gak bisa lintas jurusan ya? Jadi kalo aku mau masuk Bahasa Korea UGM harus ikutnya SBMPTN dong?

    Suka

  2. Tes masuknya nanti gimana kak?
    Apa ada lewat online? Aku dari Gresik (surabaya) kak dan lagi, ekonomi orang tua bisa dibilang minim 😦
    Udah sejak SMP aku pengen masuk kuliah bahasa korea nanti, Aku lulus SMA 2018 besok kak, dan aku sekolah di swasta. Apa aku bisa punya kesempatan melanjutkan belajar bahasa korea di UGM kak??
    Lalu apa saja yang harus aku persiapkan nanti kak??
    Tolong dijawab ya kak.. terima kasih😊

    Suka

    1. Hai, kesempatan masuk Bahasa Korea UGM itu sama saja kok untuk semua sekolah (SBMPTN dan UTUL). Kalo tes UTUL memang hanya ada di 4 kota besar di Indonesia, tapi kalo SBMPTN bisa kok di Surabaya. Untuk masalah finasial, kamu bisa mulai mencari beasiswa dari sekarang. Persiapannya ya tetap belajar materi SOSHUM saja dan mapel UN.

      Suka

  3. Kak, kaka dulu masuk bakor ugm lewat jalur apa? Kalau misalnya snmptn, itu nilai rapor yang dilihat mapel apa aja? Soalnya di sekolah ku gaada mapel bakor…ㅠㅠ terima kasih sebelumnya kak^^

    Suka

    1. Ujiannya bisa dibayangkan kalau kamu pas ujian bahasa inggris cuma ini versinya bahasa korea …
      Tidak ada ya, kalo mau ikut program ke korea bisa.

      Suka

    1. Waduh, kalau syarat-syarat sebenarnya kurang lebih mirip dengan semua jurusan gitu. kalau disini kalaupun kamu nggak bisa baca tulis nanti kalau sudah masuk akan diajari. Kalau mau lewat SNMPTN aku kurang tahu ya, dari dulu memang nggak ketebak yang bisa lolos itu yang gimana.

      Suka

    1. Dikatakan lolos SNMPTN itu kalau kamu sudah seleksi dan diterima di Bahasa Korea UGM. Bukan seleksi yang 50% di sekolah. Kalau tanya peluangnya ya dari Jalur SNMPTN diambil 30% dari 40 orang. hitung saja itu berapa orang.

      Suka

  4. Kak, ak mau kuliah di UGM jurusan bakor, trs ak anak IPA,(di palembang) kira” peluang masuk UGM besar nggak kk?? Klo masalah nilai aku nyerah😅(nilai raport ku standar)

    Suka

    1. Aku nggak bisa memberi jawaban pasti mengenai peluang ya … karena itu rahasia yang diatas (?). Aku sudah sering menekankan untuk jangan bergantung pada SNMPTN. Lebih baik ikut tes saja.

      Suka

  5. Kak salam kenal, aku juga berniat masuk ugm bahasa korea kak dan udah fix ngambil pilihan pertama snmptn itu. Btw, kakak udah semester berapa? Siapa tau besok kakak jadi senior ku hehe aamiin 🙏

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s