Pertanyaan Seputar Jurusan Bahasa Korea UGM

Hai untuk kalian semua yang sekarang lagi galau milih jurusan kuliah. Saya disini hadir sebagai pemberi informasi sederhana pada kalian semua. Yups benar, Saya akan memperkenalkan jurusan Bahasa Korea UGM bagi kalian semua yang tertarik masuk jurusan ini. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan anak – anak SMA tentang Jurusan ini.

 

  • Kak Kalau mau masuk Jurusan Bahasa Korea jurusan pas di SMA-nya apa ya?

Ini adalah pertanyaan yang sangat Cliche! Perlu kalian ketahui, Bahasa Korea UGM masuk dalam kluster Sosial! Jadi yang bisa masuk anak IPS dan Bahasa! tapi bukan berarti anak IPA nggak bisa masuk. Jika kalian cek di website resmi SNMPTN, ada keterangan mengenai jurusan ini yaitu Jurusan yang bisa memilih prodi ini disana biasanya akan di list siapa saja yang boleh mendaftar jurusan ini lewat SNMPTN.

Berbeda dengan Jurusan Kluster Sainstek yang biasanya HANYA BISA DIAMBIL OLEH ANAK IPA, jurusan di kluster Sosial biasanya bisa diambil SEMUA JURUSAN.

  • Kak dulu masuk di Bahasa Korea UGM Lewat Jalur apa ya?

Nah, ini adalah pertanyaan klasik anak SMA berikutnya. Namanya juga mau daftar kuliah jelas harus ikut seleksi masuk kan? Nah, kalian pasti sudah tahu, jalur masuk PTN itu ada SNMPTN dan SBMPTN. Dari 2 proses seleksi itu kalian bisa memilih Jurusan Bahasa Korea UGM! Nah, nanti UGM sendiri akan menyelenggarakan Ujian Masuk Mandiri (biasa disebut UTUL UGM). Di UTUL UGM ada 2 gelombang, Gelombang 1 biasanya berdekatan dengan SBMPTN. Di UTUL ini sistemnya hampir sama seperti SBMPTN, kalian diperbolehkan memilih 3 jurusan yang diminati dari UGM lalu ikut seleksi sesuai kluster yang diminati.

untuk informasi lebih lanjut bisa cek http://um.ugm.ac.id

  • Kak Jurusan Bahasa Korea nanti lulusnya jadi apa ya?!

Jujur saja, setiap kali kami mendengar pertanyaan model kayak gini itu bikin risih tau nggak?!

Namanya juga orang masih kuliah trus ditanya masalah kerja itu greget pengen nyakar! secara, kita ini juga masih berproses untukmenjadi lebih berkualitas gitu. Sekedar info, jurusan di kuliahmu itu kadang nggak akan sesuai dengan jalan karirmu nanti! lulusan hukum belum tentu jadi jaksa atau pengacara, mereka bisa saja jadi wartawan atau Public Relations di perusahaan tertentu.

Yang perlu kalian ketahui, menurut Dosen saya, Lulusan Bahasa Korea akan banyak dibutuhkan di masa depan. Kok bisa begitu? Sekarang kita lihat saja, perkembangan Kerjasama antar Korea-Indonesia sudah semakin berkembang dalam berbagai bidang. Selain itu Tahun 2020 kita akan menghadapi Perdagangan bebas se Asia-Pacific. Hal ini termasuk perdagangan dengan Korea. Dari sini akan dibutuhkan SDA yang memahami betul Bahasa Korea dan Budayanya.

Sekarang bandingkan, SDA yang dibutuhkan untuk mahir Bahasa Korea dengan Universitas yang menyediakan Prodi Bahasa Korea? Di Indonesia kalau nggak salah ada 4 Universitas yang menyediakan jurusan ini. salah satunya adalah UGM. Jadi silahkan pilih sendiri kalian ingin masuk mana.

Kalau masalah pekerjaan, intinya kebanyakan masih diarahkan menjadi Translator dan Intrepeter. Tapi bukan berarti kalian tidak bisa berkarir di bidang lain. Sekedar info saja, SDA yang menguasai setidaknya 2 Bahasa Asing itu akan menambah nilai plus kalian saat mencari pekerjaan nanti.

  • Mata Kuliah Bahasa Korea apa aja ya? 

Namanya juga belajar Bahasa ya kalian bakal diajari dengan mata kuliah yang terkesan kayak anak SD. Untuk semester 1 kalian akan mendapat mata kuliah, Tata Bahasa yaitu Grammarnya Bahasa Korea lah. Trus ada juga Membaca dan Berbicara (kayak anak kecil kan?) dan terakhir ada Kapita Selekta Korea. Matkul ini membahas tentang kebudayaan Korea. kalian akan dikenalkan mengenai sejarah Korea singkat dan bagaimana orang korea itu sendiri.

Tentu saja semakin bertambahnya semester, kalian akan merasakan stresnya masuk Bahasa Korea. Jangan Berasumsi kalau kuliah Bahasa Korea itu kerjanya cuma nonton drama dan fangirlingan oppa oppa ya! memang sih ada momen saat kita melakukan itu, tapi kuliah itu tetep menuntut ilmu jadi ya ada yang berat juga lah. Intinya jangan berekspektasi kuliah Bahasa Korea itu ENAK! tidak semudah yang kau bayangkan teman.

  • Keuntungan Kuliah Bahasa Korea

Well, Pastinya kesempatan untuk bisa ke Korea bisa lebih mudah jika kalian kuliah di jurusan ini. Selain itu, kalian bakal punya teman – teman yang SE-HOBI alias sama – sama pecinta Korea. Wuihh, Hebohnya anak Bakor (Bahasa Korea) itu nggak tertandingi lah, apalagi kalau lagi nonton MV KPOP atau Drama.

Mau tahu keuntungan lainnya? MASUK BAHASA KOREA UGM dulu dah!

  • Kekurangan Kuliah di Jurusan Bahasa Korea

Nggak ada yang sempurna di Dunia ini, termasuk Bahasa Korea UGM. Kekurangan yang paling signifikan dan saya rasakan saat masuk jurusan ini adalah …..

JENG JENG JENG!

MAHASISWA COWOK ITU LANGKA! Karena kebanyakan penyuka korea adalah para wanita, kaum lelaki menganggap remeh jurusan ini dan gengsi kalau mau masuk disini. Di angkatan saya (2016) Jumlah lelaki Bakor hanyalah 3 orang saja … (Miris kan -_-) Nah, jadi persiapkan mental kalian para cewek jika ingin masuk Bahasa Korea! Disini kalian akan dituntut untuk jadi wanita STRONG! Bisa jadi kuli, operator dan lain – lain dah!

Itulah beberapa FAQ yang sering ditanyakan para calon MABA pada kami penghuni Bahasa Korea UGM! Jika ada hal yang kurang berkenan mengenai tulisan saya, mohon dimaklumi. Saya masih Baru di dunia blogger. untuk informasi lebih jauh bisa tanya – tanya lewat e-mail

isnafaroh@gmail.com

Salam Sayang dari BAKOR16 UGM :*

Iklan

One thought on “Pertanyaan Seputar Jurusan Bahasa Korea UGM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s