Persiapan Sebelum Kuliah

Cie, Selamat ya yang sudah resmi jadi MABA~!

Nah, sekarang tinggal persiapan sebelum kuliah nih! Kira – kira apa aja yang dibutuhkan sebelum masuk kuliah ya? apalagi kalian yang akan merantau jauh dari orangtua dirumah! simak beberapa tips dibawah ini.

  • Siapkan Perlengkapan Pribadi

Yup, ada baiknya kalian sudah mencatat apa aja yang kalian butuhkan nanti di tempat kuliah. Mulai dari perlengkapan dasar seperti pakaian dan alat kosmetik mungkin? Yang pasti barang – barang yang perlu di packing dari rumah bawa aja deh ya daripada di tempat rantauan kalian kekurangan sesuatu.

Tapi sesuaikan juga barang bawaan kalian sesuai kemampuan! jangan semuanya langsung dibawa. kalau masalah baju atau sepatu, coba saja untuk diminalis jumlahnya biar bisa bawa perlengkapan yang lebih dibutuhkan. Toh kalau di tempat rantauan ada, kenapa harus bawa dari rumah semuanya?

  • Bawa Dokumen Penting!

Kalau udah keterima di PTN favorit, kalian pastinya harus daftar ulang kan? Baik secara Online maupun langsung ke Universitas. Biasanya Daftar Ulang yang mengharuskan kita datang langsung ke Universitas adalah mereka – mereka yang lolos jalur SNMPTN.

Sedangkan daftar ulang online kebanyakan dilakukan oleh mereka para pejuang SBMPTN dan Ujian Mandiri Universitas. Untuk yang secara online, siapkan softfile hasil scan dari KTP, KK, Rekening Listrik 3 bulan terakhir, SK Gaji orangtua (Surat keterangan dari Lurah kalau orangtua bukan pegawai negeri), Ijazah (Kalau sudah ada), SKHUN, SK LULUS, KTP Ortu, SK Sehat, SK bebas Napza, Kartu peserta tes dan lain – lain sesuai kebijakan Universitas masing – masing.

daftar yang diatas itu yang umumnya bakal dipersyaratkan oleh Universitas untuk penentuan biaya kuliah kalian. Kalau mau berangkat, Bukti pembayaran UKT juga di scan, simpan yang asli untuk dibawa ke tempat perantauan. biasanya bukti pembayaran bakal dibutuhkan kalau kalian minta Surat Keterangan dari fakultas.

  • Siapkan beberapa cetak Foto terbaru

Ini nih yang sering dilupakan! Mentang – mentang udah diterima, Foto seakan dilupakan aja. Saran saya adalah, silahkan kalian ambil foto diri dulu. Siapkan Softfile untuk berbagai ukuran (3×4 dan 4×6 atau sesuai kebutuhan), lalu siapkan juga hasil cetaknya.

Kenapa sih kok butuh foto? Soalnya di awal semester, di kampus banyak open recruitment (Oprec) organisasi dari BEM, Senat Mahasiswa, UKM belum lagi komunitas dalam kampus terus ada juga organisasi yang masih di tingkat fakultas! sebelum mendaftar pastinya kalian disuruh mengisi formulir dan ya, di formulir itu pasti dibutuhkan foto!

  • Usahakan kalian sudah punya sertifikat Bahasa Inggris

Dan yang paling ribet ya ini. Saya merasakannya sendiri waktu masuk UGM. Saya bisa bahasa inggris tapi belum pernah nyoba tes TOEFL atau IELTS apalagi punya sertifikatnya. Padahal waktu itu ada beberapa recruitment yang membutuhkan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris. Akhirnya batal daftar gara – gara belum punya sertifikat TT.TT

Jadi saran saya, sebelum kuliah kalian kan punya waktu senggang tuh? Coba deh cari tempat buat tes TOEFL yang sudah terpercaya dan sertifikatnya bisa dipertanggungjawabkan. Soalnya kalau kalian udah kuliah, Cari waktu buat belajar sebelum tes TOEFL itu sulit.

  • Catat apa saja organisasi atau kepanitiaan yang pernah kalian ikuti

Ini biasanya dibutuhkan di CV sih. tapi apa salahnya juga kalau kalian punya daftar lengkapnya. Sekarang untuk Oprec kepanitiaan, kebanyakan sistemnya sudah secara Online. kita tinggal ngisi form yang disiapkan, Upload dokumen yang diperlukan lalu tinggal klik Submit saja!

Nah, Pas ngisi Form kadang ada field yang mengharuskan kita menulis apa saja Organisasi yang pernah kita ikuti, yang masih aktif juga. daftar ini kan biasanya panjang, kalau kalian punya di CV, tinggal copas kan enak?!

  • Rencanakan Keuangan Kalian

Buat yang sering khilaf nih di tempat perantauan! hukumnya WAJIB merencanakan keuangan kalian. Pengalaman ini saya rasakan sendiri loh. Namanya juga cewek, baru pertama kali pegang kartu ATM yang tinggal masukin ke mesin uang pun keluar …

Yep, intinya uang saku saya yang diperkirakan cukup untuk 3 bulan habis dalam waktu 2 bulan. :’)

Jadilah saya kena omelan dari emak karena boros! Jadi Kalian jangan seenaknya ngabisin uang yah 🙂 orangtua dirumah kerja keras ngumpulin uang itu nggak gampang. Kalau bisa seminggu pertama kuliah kalian list harga makanan di sekitaran tempat kos, cari yang sesuai selera tapi juga nggak sembarangan.

Sisihkan uang untuk keperluan kuliah. Seperti Uang buku, kas dan kepentingan lain yang berhubungan dengan kuliah. Kalaupun butuh belanja buat kelengkapan kos, bikin daftar prioritas! Jangan langsung diborong semuanya. Intinya kalian harus bisa menyesuaikan kebutuhan dengan uang kalian lah …

Nah, itulah beberapa tips sebelum kalian berangkat ke tempat perantauan. Siapkan segala sesuatu dan bubuhkan niat untuk menuntut ilmu yang akan bermanfaat di kemudian hari.

Jangan lupa untuk bersyukur karena masih banyak teman – teman diluar sana yang menginginkan hal yang sama tapi masih belum bisa meraihnya. Jadi kalau kalian udah kuliah jangan males ya ^^v walaupun nanti berat. 😀

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s